Pelatihan Yang Diberikan Untuk Masing-Masing Bidang
Keahlian Teknologi Pendidikan
|
Bidang
keahlian
|
Judul
pelatihan
|
Sub-materi
yang diberikan
|
Kompetensi
yang diharapkan
|
Hasil/produk
dari pelatihan
|
Waktu
yang dibutuhkan
|
|
Desain
|
1. Pelatihan Merancang Media Pembelajaran Sederhana
|
Ø Dasar-dasar media pembelajaran
Ø Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang media pembelajaran
sederhana
Ø Teknik dasar merancang media pembelajaran sederhana
Ø Merancang Media Pembelajaran sederhana
|
Ø Peserta memahami media
Ø Peserta memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang media
sederhana
Ø Peserta memahami teknik dasar merancang media pembelajaran sederhana
Ø Peserta mampu merancang media pembelajaran sederhana
|
Media pembelajaran sederhana yang bisa dan layak
digunakan
|
3 X Pertemuan
|
|
2.
Pelatihan Desain Grafis
|
v Dasar-dasar desain grafis
v Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam desain grafis
v Teknik dasar desain grafis
v Merancang cover buku dan bahan ajar
|
v Peserta memahami desain grafis
v Peserta memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam desain grafis
v Peserta memahami teknik dasar desain grafis
v Peserta mampu cover buku dan bahan ajar
|
Cover buku dan produk desain grafis lainnya.
|
4 X pertemuan
|
|
|
3.
Pelatihan Merancang
Animasi
|
·
Dasar-dasar merancang
animasi
·
Hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam merancang animasi
·
Teknik dasar merancang
animasi
·
Merancang animasi untuk
media pembelajaran
|
·
Peserta memahami
dasar-dasar merancang animasi
·
Peserta memahami hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam merancang
·
Peserta memahami teknik
dasar merancang
·
Peserta mampu merancang
animasi pembelajaran
|
Animasi sebagai bentuk media pembelajaran
|
4X pertemuan
|
|
|
4. Pelatihan Dasar Merancang web e-learning
|
o Dasar-dasar e-leraning &Web
o Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang web
o Teknik dasar dalam merancang web
o Merancang e-learning berbasis web
|
o
Peserta memahami
e-learning & Web
o
Peserta memahami hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam merancang web
o
Peserta memahami teknik
dasar merancang web
o
Peserta mampu merancang
web
|
E-learning Berbasis Web
|
4 X pertemuan
|
|
|
5. Pelatihan Merancang pembelajaran inovatif
|
Ø Dasar-dasar pembelajaran
Ø Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang pembelajaran
Ø Teknik dasar dalam merancang pembelajaran
Ø Merancang pembelajaran yang inovatif
|
Ø Peserta memahami Pembelajaran
Ø Peserta memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang
pembelajaran
Ø Peserta memahami teknik dasar merancang pembelajaran
Ø
Peserta mampu merancang
pembelajaran yang inovatif
|
Pembelajaran yang inovatif
|
4 X Pertemuan
|
|
|
Pengembangan
|
1)
Pelatihan Pengembangan
Animasi.
|
|
|
Media Pembelajaran Berbasis Animasi
|
3 X Pertemuan
|
|
2) Pelatihan Pengembangan bahan ajar & modul
|
v Teknik pembuatan bahan ajar
v Teknik pembuatan modul
v Teknik pengembangan bahan ajar
v Teknik pengembangan modul
|
v Peserta mampu membuat bahan ajar
v Peserta mampu membuat modul
v Peserta mampu mengembangkan bahan ajar
v
Peserta mampu
mengembangkan modul
|
Bahan Ajar & Modul
|
4 X Pertemuan
|
|
|
3) Pelatihan Pengembangan E-learning berbasis web
|
o Teknik Pembuatan E-learning
o Teknik Pembuatan Web
o Teknik Pengembangan E-learnig berbasis Web
|
o Peserta mampu membuat e-learning
o Peserta mampu membuat web
o Peserta mampu mengembangkan e-learning dengan menggunakan web
|
Web dalam pembelajaran (E-Learning)
|
6 X Pertemuan
|
|
|
4) Pelatihan Pengembangan Multimedia interaktif
|
§ Teknik pembuatan multimedia
§ Teknik pengembangan multimedia pembelajaran
§ Teknik multimedia multimedia interaktif
|
§ Peserta mampu membuat multimedia pembelajaran
§ Peserta mampu mengembangkan multimedia
interaktif dalam pembelajaran
|
Multimedia Interaktif
|
6 X Pertemuan
|
|
|
5) Pelatihan Pengembangan Media gambar inovatif
|
Ø Teknik pembuatan media gambar
Ø Teknik pengembangan media gambar inovatif
|
Ø Peserta mampu membuat media gambar
Ø Peserta mampu mengembangan media gambar
|
Media gambar yang inovatif
|
4 X Pertemuan
|
|
|
Pemanfaatan
|
1.Pelatihan Penggunaan LCD Proyektor dalam
pembelajaran
|
Ø Teknik Penggunaan LCD Proyektor
Ø Teknik Penggunaan LCD Proyektor
|
Ø Peserta mampu memanfaatkan LCD Proyektor dalam pembelajaran
|
Guru yang mampu memanfaatkan LCD proyektor dalam
pembelajaran
|
2 X Pertemuan
|
|
2.Pelatihan Pemanfaatan Media lingkungan dalam pembelajaran
|
o Teknik Pemanfaatan Media Lingkuangan dalam pembelajaran
|
o Peserta mampu memanfaatkan media lingkungan dalam pembelajaran
|
Guru yang mampu memanfaatkan media lingkungan
pembelajaran
|
3 X Pertemuan
|
|
|
3.Pelatihan penggunaan media papan tulis yang efektif
dalam pembelajaran
|
ü Teknik menggunakan media papan tulis yang efektif dalam pembelajaran
|
ü Peserta mampu menggunakan media papan tulis yang efektif dalam
pembelajaran
|
Pemanfaatan Guru yang mampu memanfaatkan media
papan tulis yang efektif dalam pembelajaran
|
2 X Pertemuan
|
|
|
4.Pelatihan pemanfaatan media gambar dalam
pembelajaran
|
·
Teknik penggunaan media
gambar dalam pembelajaran
|
·
Peserta mampu
menggunakan media gambar dalam pembelajaran
|
Penggunaan media gambar dalam pembelajaran
|
2 X Pertemuan
|
|
|
5. Pelatihan penggunaan media animasi dalam
pembelajaran
|
ü Teknik menggunakan media animasi dalam pembelajaran
|
ü Peserta mampu menggunakan media animasi dalam pembelajaran
|
Guru yang mampu memanfaatkan media animasi dalam pembelajaran
|
2 X Pertemuan
|
|
|
Pengelolaan
|
1. Pelatihan
pengelolaan perpustakaan sekolah
|
o Teknik menata perpustakaan sekolah
o Teknik mengelola perpustakaan
sekolah
|
o Peserta mampu menata perpustakan sekolah
o Peserta mampu mengelola perpustakaan sekolah
|
Pengelola Perpustakaan sekolah yang handal
|
3 X Pertemuan
|
|
2. Pelatihan penggelolaan sumber belajar yangefektif dan efisien
|
§ Teknik mengelola sumber belajar yang efektif dan efisien
|
§ Peserta mampu mengelola sumber belajar secara efektif dan efisien
|
Pengelola sumber belajar secara efektif dan
efisien
|
4 X Pertemuan
|
|
|
3. Pelatihan pengelolaan media pembelajaran
|
·
Teknik mengelola media
pembelajaran
|
·
Peserta mampu mengelola
media pembelajaran
|
Pengelola sumber belajar
|
3 X Pertemuan
|
|
|
4. Pelatihan pengelolaan kelas
|
Ø Teknik mengelola kelas
|
Ø Peserta mampu mengelola kelas
|
Guru sebagai pengelola kelas yangefektif dan
efisien
|
4 X Pertemuan
|
|
|
5. Pelatihan pengelolaan pelatihan
|
ü Teknik merancang pelatihan
ü Teknik pengembangan pelatihan
ü Teknik mengelola pelatihan
|
ü Peserta mampu merancang pelatihan
ü Peserta mampu mengembangkan pelatihan
ü Peserta mampu mengelola pelatihan
|
Pengelola pelatihan baik disekolah maupun diluar
sekolah (balai diklat)
|
3 X Pertemuan
|
|
|
Penilaian
|
1.Pelatihan mengevaluasi media pembelajaran
|
§ Teknik dasar media pembelajaran
§ Teknik pengembangan media pembelajaran
§ Cara mengevaluasi media pembelajaran
|
§ Peserta memahami dasar dari media pembelajaran
§ Peserta mampu mengembangkan media pembelajaran
§ Peserta mampu mengevaluasi media pembelajaran
|
Evaluator media pembelajaran
|
4 X Pertemuan
|
|
2.Pelatihan mengevaluasi strategi pembelajaran
|
v Konsep dasar strategi pembelajaran
v Teknik pengembangan strategi pembelajaran
v Teknik mengevaluasi strategi pembelajaran
|
v Peserta mampu memahami konsep dasar strategi pembelajaran
v Peserta mampu mengembangkan strategi pembelajaran
v Peserta mampu mengevaluasi strategi pembelajaran
|
Evaluator strategi pembelajaran
|
4 X Pertemuan
|
|
|
3.Pelatihan mengevaluasi hasil belajar siswa
|
v Teknik mengevaluasi hasil belajar siswa
|
v Peserta mampu mengevaluasi hasil belajar siswa
|
Evaluator hasil belajar
|
4 X Pertemuan
|
|
|
4.Pelatihan mengevalusai pelatihan
|
Ø Konsep dasar pelatihan
Ø Hal yang harus diperhatikan dalam pelatihan
Ø Teknik mengevaluasi pelatihan
|
Ø Peserta mampu memahami konsep dasar pelatihan
Ø Peserta mampu memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah
pelatihan
Ø Peserta mampu mengevaluasi
|
Evaluator pelatihan
|
4 X Pertemuan
|
|
|
5.Pelatihan mengevaluasi sumber daya manusia
|
§ Konsep dasar Sumber daya Manusia
§ Teknik mengevaluasi Sumberdaya Manusia
|
§ Peserta mampu memahami konsep dasar sumber daya manusia
§
Peserta mampu mengevaluasi
sumber daya manusia
|
Evaluator SDM
|
4 X Pertemuan
|
|
|
Penelitian
|
1.Pelatihan penelitian tindakan kelas
|
v Konsep dasar penelitian tindakan kelas
v Teknik Penelitian tindakan kelas
|
v Peserta mampu memahami penelitian tindakan kelas
v Peserta mampu melakukan penelitian tindakan kelas
|
Peneliti serta hasil penelitian Tindakan Kelas
yang teruji
|
4 X Pertemuan
|
|
2.Pelatihan penelitian sumber daya manusia
|
ü Konsep dasar sumber daya manusia
ü Konsep dasar Penelitian sumber daya manusia
ü Teknik penelitian sumber daya manusia
|
ü Peserta mampu memahami konsep dasar sumber daya manusia
ü Peserta mampu memahami penelitian sumber daya manusia
ü Peserta mampu melakukan penelitian sumber daya manusia
|
Peneliti dan hasil penelitian sumber daya manusia
|
3 X Pertemuan
|
|
|
3.Pelatihan penelitian pemanfaatan perpustakaan sekolah
|
Ø Konsep dasar perpustakan sekolah
Ø Konsep dasar pemanfaatan perpustakaan sekolah
Ø Teknik penelitian pemanfaatan perpustakaan sekolah
|
Ø Peserta mampu memahami konsep perpustakaan sekolah
Ø Peserta mampu memahami konsep pemanfaatan perpustakaan sekolah
Ø Peserta mampu melakukan penelitian pemanfaatan perpustakaan sekolah
|
Peneliti dan hasil penelitian pemanfaatan
perpustakaan
|
3X Pertemuan
|
|
|
4.Pelatihan penelitian kinerja guru
|
·
Konsep dasar sumber daya
manusia
·
Konsep dasar Penelitian
sumber daya manusia
·
Teknik penelitian sumber
daya manusia
|
·
Peserta mampu memahami
konsep dasar sumber daya manusia
·
Peserta mampu memahami
penelitian sumber daya manusia
·
Peserta mampu melakukan
peneliatian sumber daya manusia
|
Peneliti dan hasil penelitian sumber daya manusia
|
5 X Pertemuan
|
|
|
5.Pelatihan penelitian siswa berbakat dan berprestasi
|
|
|
Peneliti dan hasil penelitian siswa berbakat dan
berprestasi
|
3 X Pertemuan
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar