materi 2



Pelatihan Yang Diberikan Untuk Masing-Masing Bidang Keahlian Teknologi Pendidikan

Bidang keahlian
Judul pelatihan
Sub-materi yang diberikan
Kompetensi yang diharapkan
Hasil/produk dari pelatihan
Waktu yang dibutuhkan
Desain
1.   Pelatihan Merancang Media Pembelajaran Sederhana
Ø  Dasar-dasar media pembelajaran
Ø  Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang media pembelajaran sederhana
Ø  Teknik dasar merancang media pembelajaran sederhana
Ø  Merancang Media Pembelajaran sederhana
Ø Peserta memahami media
Ø Peserta memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang media sederhana
Ø Peserta memahami teknik dasar merancang media pembelajaran sederhana
Ø Peserta mampu merancang media pembelajaran sederhana
Media pembelajaran sederhana yang bisa dan layak digunakan
3 X  Pertemuan
2.   Pelatihan Desain Grafis
v Dasar-dasar desain grafis
v Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam desain grafis
v Teknik dasar desain grafis
v Merancang cover buku dan bahan ajar
v  Peserta memahami desain grafis
v  Peserta memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam desain grafis
v  Peserta memahami teknik dasar desain grafis
v  Peserta mampu cover buku dan bahan ajar
Cover buku dan produk desain grafis lainnya.
4 X pertemuan
3.   Pelatihan Merancang Animasi
·     Dasar-dasar merancang animasi
·     Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang animasi
·     Teknik dasar merancang animasi
·     Merancang animasi untuk media pembelajaran
·      Peserta memahami dasar-dasar merancang animasi
·      Peserta memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang
·      Peserta memahami teknik dasar merancang
·      Peserta mampu merancang animasi pembelajaran
Animasi sebagai bentuk media pembelajaran
4X pertemuan
4.      Pelatihan Dasar Merancang web e-learning
o   Dasar-dasar e-leraning &Web
o   Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang web
o   Teknik dasar dalam merancang web
o   Merancang e-learning berbasis web
o  Peserta memahami e-learning & Web
o  Peserta memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang web
o  Peserta memahami teknik dasar merancang web
o  Peserta mampu merancang web

E-learning Berbasis Web
4 X pertemuan
5.      Pelatihan Merancang pembelajaran inovatif
Ø  Dasar-dasar pembelajaran
Ø  Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang pembelajaran
Ø  Teknik dasar dalam merancang pembelajaran
Ø  Merancang pembelajaran yang inovatif
Ø Peserta memahami Pembelajaran
Ø Peserta memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang pembelajaran
Ø Peserta memahami teknik dasar merancang pembelajaran
Ø Peserta mampu merancang pembelajaran yang inovatif
Pembelajaran yang inovatif
4 X Pertemuan
Pengembangan
1)      Pelatihan Pengembangan Animasi.
*      Teknik Penggunaan Aplikasi Animasi
*      Teknik pembuatan bahan ajar dengan animasi
*      Teknik mengembangkan animasi
*   Peserta mampu menggunakan aplikasi animasi
*   Peserta mampu membuat bahan ajar dengan menggunakan animasi
*   Peserta mampu mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan animasi
Media Pembelajaran Berbasis Animasi
3 X Pertemuan
2)   Pelatihan Pengembangan bahan ajar & modul
v  Teknik pembuatan bahan ajar
v  Teknik pembuatan modul
v  Teknik pengembangan bahan ajar
v  Teknik pengembangan modul
v  Peserta mampu membuat bahan ajar
v  Peserta mampu membuat modul
v  Peserta mampu mengembangkan bahan ajar
v  Peserta mampu mengembangkan modul
Bahan Ajar & Modul
4 X Pertemuan
3)      Pelatihan Pengembangan E-learning berbasis web
o  Teknik Pembuatan E-learning
o  Teknik Pembuatan Web
o  Teknik Pengembangan E-learnig berbasis Web
o  Peserta mampu membuat e-learning
o  Peserta mampu membuat web
o  Peserta mampu mengembangkan e-learning dengan menggunakan web
Web dalam pembelajaran (E-Learning)
6 X Pertemuan
4)      Pelatihan Pengembangan Multimedia interaktif
§  Teknik pembuatan multimedia
§  Teknik pengembangan multimedia pembelajaran
§  Teknik multimedia multimedia interaktif
§  Peserta mampu membuat multimedia pembelajaran
§  Peserta mampu mengembangkan multimedia  interaktif dalam pembelajaran
Multimedia Interaktif
6 X Pertemuan
5)      Pelatihan Pengembangan Media gambar inovatif

Ø  Teknik pembuatan media gambar
Ø  Teknik pengembangan media gambar inovatif
Ø  Peserta mampu membuat media gambar
Ø  Peserta mampu mengembangan media gambar
Media gambar yang inovatif
4 X Pertemuan
Pemanfaatan
1.Pelatihan Penggunaan LCD Proyektor dalam pembelajaran
Ø Teknik Penggunaan LCD Proyektor
Ø Teknik Penggunaan LCD Proyektor
Ø Peserta mampu memanfaatkan LCD Proyektor dalam pembelajaran
Guru yang mampu memanfaatkan LCD proyektor dalam pembelajaran
2 X Pertemuan
2.Pelatihan Pemanfaatan Media lingkungan dalam pembelajaran
o  Teknik Pemanfaatan Media Lingkuangan dalam pembelajaran
o  Peserta mampu memanfaatkan media lingkungan dalam pembelajaran
Guru yang mampu memanfaatkan media lingkungan pembelajaran
3 X Pertemuan
3.Pelatihan penggunaan media papan tulis yang efektif dalam pembelajaran
ü  Teknik menggunakan media papan tulis yang efektif dalam pembelajaran
ü  Peserta mampu menggunakan media papan tulis yang efektif dalam pembelajaran
Pemanfaatan Guru yang mampu memanfaatkan media papan tulis yang efektif dalam pembelajaran
2 X Pertemuan
4.Pelatihan pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran
·        Teknik penggunaan media gambar dalam pembelajaran
·        Peserta mampu menggunakan media gambar dalam pembelajaran
Penggunaan media gambar dalam pembelajaran
2 X Pertemuan
5. Pelatihan penggunaan media animasi dalam pembelajaran
ü Teknik menggunakan media animasi dalam pembelajaran
ü Peserta mampu menggunakan media animasi dalam pembelajaran
Guru yang mampu memanfaatkan media animasi dalam pembelajaran
2 X Pertemuan
Pengelolaan
1. Pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah
o  Teknik menata perpustakaan sekolah
o  Teknik mengelola perpustakaan  sekolah
o  Peserta mampu menata perpustakan sekolah
o  Peserta mampu mengelola perpustakaan sekolah
Pengelola Perpustakaan sekolah yang handal
3 X Pertemuan
2. Pelatihan penggelolaan sumber belajar yangefektif dan efisien
§  Teknik mengelola sumber belajar yang efektif dan efisien
§  Peserta mampu mengelola sumber belajar secara efektif dan efisien
Pengelola sumber belajar secara efektif dan efisien
4 X Pertemuan
3. Pelatihan pengelolaan media pembelajaran
·        Teknik mengelola media pembelajaran
·        Peserta mampu mengelola media pembelajaran
Pengelola sumber belajar
3 X Pertemuan
4. Pelatihan pengelolaan kelas
Ø  Teknik mengelola kelas
Ø  Peserta mampu mengelola kelas
Guru sebagai pengelola kelas yangefektif dan efisien
4 X Pertemuan
5. Pelatihan pengelolaan pelatihan
ü Teknik merancang pelatihan
ü Teknik pengembangan pelatihan
ü Teknik mengelola pelatihan
ü Peserta mampu merancang pelatihan
ü Peserta mampu mengembangkan pelatihan
ü Peserta mampu mengelola pelatihan
Pengelola pelatihan baik disekolah maupun diluar sekolah (balai diklat)
3 X Pertemuan
Penilaian
1.Pelatihan mengevaluasi media pembelajaran
§  Teknik dasar media pembelajaran
§  Teknik pengembangan media pembelajaran
§  Cara mengevaluasi media pembelajaran
§  Peserta memahami dasar dari media pembelajaran
§  Peserta mampu mengembangkan media pembelajaran
§  Peserta mampu mengevaluasi media pembelajaran
Evaluator media pembelajaran
4 X Pertemuan
2.Pelatihan mengevaluasi strategi pembelajaran
v  Konsep dasar strategi pembelajaran
v  Teknik pengembangan strategi pembelajaran
v  Teknik mengevaluasi strategi pembelajaran
v  Peserta mampu memahami konsep dasar strategi pembelajaran
v  Peserta mampu mengembangkan strategi pembelajaran
v  Peserta mampu mengevaluasi strategi pembelajaran
Evaluator strategi pembelajaran
4 X Pertemuan
3.Pelatihan mengevaluasi hasil belajar siswa
v  Teknik mengevaluasi hasil belajar siswa
v  Peserta mampu mengevaluasi hasil belajar siswa
Evaluator hasil belajar
4 X Pertemuan
4.Pelatihan mengevalusai pelatihan
Ø  Konsep dasar pelatihan
Ø  Hal yang harus diperhatikan dalam pelatihan
Ø  Teknik mengevaluasi pelatihan
Ø  Peserta mampu memahami konsep dasar pelatihan
Ø  Peserta mampu memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah pelatihan
Ø  Peserta mampu mengevaluasi
Evaluator pelatihan
4 X Pertemuan
5.Pelatihan mengevaluasi sumber daya manusia
§  Konsep dasar Sumber daya Manusia
§  Teknik mengevaluasi Sumberdaya Manusia
§  Peserta mampu memahami konsep dasar sumber daya manusia
§  Peserta mampu mengevaluasi sumber daya manusia
Evaluator SDM
4 X Pertemuan
Penelitian
1.Pelatihan penelitian tindakan kelas
v  Konsep dasar penelitian tindakan kelas
v  Teknik Penelitian tindakan kelas
v  Peserta mampu memahami penelitian tindakan kelas
v  Peserta mampu melakukan penelitian tindakan kelas
Peneliti serta hasil penelitian Tindakan Kelas yang teruji
4 X Pertemuan
2.Pelatihan penelitian sumber daya manusia
ü  Konsep dasar sumber daya manusia
ü  Konsep dasar Penelitian sumber daya manusia
ü  Teknik penelitian sumber daya manusia
ü  Peserta mampu memahami konsep dasar sumber daya manusia
ü  Peserta mampu memahami penelitian sumber daya manusia
ü  Peserta mampu melakukan penelitian sumber daya manusia
Peneliti dan hasil penelitian sumber daya manusia
3 X Pertemuan
3.Pelatihan penelitian pemanfaatan perpustakaan sekolah
Ø  Konsep dasar perpustakan sekolah
Ø  Konsep dasar pemanfaatan perpustakaan sekolah
Ø  Teknik penelitian pemanfaatan perpustakaan sekolah
Ø  Peserta mampu memahami konsep perpustakaan sekolah
Ø  Peserta mampu memahami konsep pemanfaatan perpustakaan sekolah
Ø  Peserta mampu melakukan penelitian pemanfaatan perpustakaan sekolah
Peneliti dan hasil penelitian pemanfaatan perpustakaan
3X Pertemuan
4.Pelatihan penelitian kinerja guru
·        Konsep dasar sumber daya manusia
·        Konsep dasar Penelitian sumber daya manusia
·        Teknik penelitian sumber daya manusia
·         Peserta mampu memahami konsep dasar sumber daya manusia
·         Peserta mampu memahami penelitian sumber daya manusia
·         Peserta mampu melakukan peneliatian sumber daya manusia
Peneliti dan hasil penelitian sumber daya manusia
5 X Pertemuan
5.Pelatihan penelitian siswa berbakat dan berprestasi
*      Konsep dasar siswa berbakat
*      Konsep dasar siswa berprestasi
*      Teknik penelitian siswa berbakat dan berprestasi
*      Peserta mampu memahami konsep siswa berbakat
*      Peserta mampu memahami konsep siswa berprestasi
*      Peserta mampu melakukan penelitian siswa berbakat dan berprestasi
Peneliti dan hasil penelitian siswa berbakat dan berprestasi
3 X Pertemuan



Tidak ada komentar :

Posting Komentar